MAHASISWA PENGGERAK LITERASI


 
Mahasiswa Penggerak Literasi dari UINSA
Komitmen Badan Arsip dan Perpustakaan Kota Surabaya (Barpus) dalam membangun Surabaya sebagai Kota Literasi terus dilakukan salah satunya melalui kegiatan Mahasiswa Penggerak Literasi. Mahasiswa Penggerak Literasi adalah relawan dari mahasiswa yang terjun ke sekolah-sekolah di Surabaya yang bertugas sebagai pendamping sekolah dalam melakukan revitalisasi perpustakaan sekolah. 

Dalam pelaksanaannya program Mahasiswa Penggerak Literasi angkatan I ditangkap cepat oleh UIN Sunan Ampel Surabaya (UINSA) yang telah melakukan kerjasama dengan Badan Arsip dan Perpustakaan Kota Surabaya dibuktikan dengan sebanyak 300 orang mahasiswa mendaftarkan diri menjadi bagian dari penggerak literasi di kota Surabaya.

Setelah pendaftaran dilakukan tes guna mengetahui kemampuan pedagogik serta psikologi dari calon Mahasiswa Penggerak Literasi pada 20 Desember 2015, kemudian dilakukan Pembekalan pada tanggal 6 s/d 8 Januari 2016 mengenai revitalisasi perpustakaan sekolah baik secara fisik dan sumber daya manusia antara lain (1) Manajemen Perpustakaan Sekolah terdiri dari Perencanaan, Pengorganisasian, Pelaksanaan dan Evaluasi perpustakaan. (2) Kelas Literasi 5M terdiri dari Membaca menggunakan Teknik Membaca, Memahami buku dengan teknik 5W + 1 H, Meresume menggunakan mind maping atau sinopsis, Menceritakan kembali buku yang telah dibaca dan menulis buku disesuaikan dengan usia siswa.

Usai persiapan Mahasiswa Penggerak Literasi Barpus melanjutkan dengan pembekalan kepada 80 Kepala Sekolah Madrasah Ibtidaiyah (MI) yang sekolahnya akan didampingi oleh Mahasiswa Penggerak Literasi agar bisa sejalan pada tanggal 25 Januari 2016 di Jalan Rungkut Asri Tengah 5-7 Surabaya. 

Guna menyukseskan gerakan literasi memang dibutuhkan sinergi dari penggerak literasi disetiap kota selain Mahasiswa Penggerak Literasi juga dari Gubernur/Walikota/Bupati, Perpustakaan Daerah, Dinas Pendidikan, Orang tua, Kepala Sekolah, Rektor Universitas, Pustakawan, LSM, Yayasan, dan Corporate Social Responsibility (CSR).

0 komentar:



Posting Komentar