LITERASI (PART I: Periode Perkembangan Anak)

LITERASI
(PART I : Periode Perkembangan Anak)

PILIH MANA : Melatih Anak Anda Mengenai Literasi atau Membiarkan Anak Anda Sulit Hidup?
Kemampuan Literasi bukanlah sebuah bakat yang berarti suatu anugerah yang diberikan oleh Tuhan sejak lahir karena Literasi adalah ketrampilan yang membutuhkan proses layaknya belajar menaiki sepeda yang perlu latihan dari tidak bisa menjadi bisa. Literasi menjadi urgensi karena KEMAMPUAN LITERASI BACA DAN TULIS ADALAH SYARAT UTAMA UNTUK MEMBANGUN PERADABAN DAN KEMAMPUAN LITERASI ADALAH KUNCI DARI ILMU PENGETAHUAN. Sehingga orang tua mempunyai peran penting akan kemampuan literasi pada anak. Oleh karena itu orang tua harus memahami masa perkembangan anak yang paling optimal untuk melatih kemampuan literasi pada anak. Berikut masa perkembangan anak yang diperoleh dari berbagai sumber antara lain :

Usia dini (lahir – 6 tahun) merupakan masa perkembangan dan pertumbuhan yang sangat menentukan bagi anak dimasa depannya atau disebut juga masa keemasan (The Golden Age) namun sekaligus periode yang sangat kritis yang menentukan tahap pertumbuhan dan perkembangan anak selanjutnya.
 
Gambar 1.1 : Perkembangan Jaringan Otak Pada Manusia

Gambar 1.2 : Periode Pertumbuhan Kritis Pada Manusia
Periode perkembangan anak harus diketahui dan dipelajari khususnya oleh calon orang tua atau yang sudah menjadi orang tua agar mampu mengoptimalkan pembelajaran mengenai literasi dan berbagai aspek lainnya pada anak karena periode perkembangan anak sangat menentukan masa depan anak tersebut, berikut beberapa periode perkembangan anak dari beberapa pakar :
A. Benjamin S. Bloom hasil penelitiananya :  

Gambar 1.3 : Perkembangan Intelektual dan Perkembangan Fisik pada manusia (%)
Gambar 1.4 : Golden Age

Dari gambar (1.4) diketahui bahwa 50% kemampuan belajar seseorang ditentukan pada usia 4 tahun pertamanya (0-4 th); 30% berkembang pada anak 4 tahun berikutnya (4-8 tahun). Mnengenai hal-hal yang dipelajari seseorang sepanjang hidupnya dibangun pada usia 0 s/d 8 tahun sedangkan 20% sisanya berkembang pada 10 tahun berikutnya yaitu antara usia 8 s/d 18 tahun. Seperti gambar di bawah ini :

Gambar 1.5 : Perkembangan Jaringan Otak Manusia
B. Santrock (2004) dan Rathus (2006) Periode Perkembangan anak meliputi (1) Masa bayi (0-2 tahun) ketergantungan ekstrim kepada orang dewasa (2) Masa kanak-kanak awal (2-5 tahun) adalah masa pra sekolah (3) Masa kanak-kanak madya dan akhir (6-11 tahun) adalah masa sekolah dasar 
C. Freud dengan Psikoseksual perkembangn anak melalui tahap-tahap psikoseksual jika tahap-tahap tersebut selesai dengan sukses, hasilnya adalah kepribadian yang sehat. Jika masalah tertentu tidak diselesaikan pada tahap yang tepat, fiksasi dapat terjadi. fiksasi adalah fokus yang gigih pada tahap awal psikoseksual. Sampai konflik ini diselesaikan, individu akan tetap “terjebak” dalam tahap ini. Misalnya, seseorang yang terpaku pada tahap oral mungkin terlalu bergantung pada orang lain dan dapat mencari rangsangan oral melalui merokok, minum, atau makan. Tahap-tahap psikoseksual meliputi 
(1) Oral Stage adalah 18 bulan yaitu pertama kehidupan, kepuasan bayi berpusat disekitar mulut yakni menghisap dan menggigit
 (2) Anal Stage (1-3 tahun) kenikmatan yang dirasakan anak diperoleh dari lubang anus/dubur dan latihan otot-otot mengurangi ketegangan seperti mulai dilakukan toilet training 
(3) Phallic Stage (3-6 tahun) kenikmatan berfokus pada alat kelamin. Pada tahap phallic , fokus utama dari energi psikoseksual atau libido adalah pada alat kelamin. Anak-anak juga menemukan perbedaan antara pria dan wanita. Freud juga percaya bahwa anak laki-laki mulai melihat ayah mereka sebagai saingan untuk ibu pada saat memberikan kasih sayang. Kompleks Oedipus menggambarkan perasaan  ingin memiliki ibu dan keinginan untuk menggantikan ayah. Namun, anak juga kekhawatiran bahwa ia akan dihukum oleh ayah untuk perasaan ini, takut Freud disebut pengebirian kecemasan.

Setelah mengetahui periode perkembangan anak setiap orang tua juga harus melihat dan memenuhi berbagai aspek perkembangan pada anak, adapun aspek perkembangan meliputi  : 
1.Perkembangan Agama & moral/nilai
2.Perkembangan Kognitif
3.Perkembangan bahasa
4.Perkembangan Fisik/ Motorik
5.Perkembangan Sosio Emosional
6.Perkembangan Seni
Gambar 1.6 : Aspek-Aspek Perkembangan yang harus dipenuhi pada anak
 

Demikian sekilas mengenai Periode Perkembangan Anak. Semoga dapat membantu khususnya buat para calon orang tua  dan para orang tua agar mampu mengoptimalkan kemampuan belajar pada anak di usia emas tanpa perlu adanya ketakutan telah 'mengeksploitasi'. Selanjutnya pada tulisan Literasi Part II akan dijelaskan bagaimana Tips melatih kemampuan literasi sejak usia dini.


 

0 komentar:



Posting Komentar