TUTORIAL MENJADI CIPOERS (Citizen Reporter Surya)

         Semenjak tulisan saya dimuat di Citizen Reporter Surya ada beberapa kejadian-kejadian unik yang saya alami. Mulai dari banyak yang bertanya mengenai bagaimana agar tulisan dimuat di Citizen Reporter Surya. Selain itu juga ada beberapa yang mengirimkan email sekadar meminta bantuan untuk mengoreksi tulisan atau yang paling ekstrim sampai datang ke tempat kerja hanya untuk bilang “Mbak, saya baca tulisan mbak, terima kasih sudah memberikan info” sembari memberikan buah tangan dari mulai roti ataupun buah. Jujur saya senang. Ternyata banyak yang mengapresiasi.
Oleh karena itu saya selalu memberikan semangat atau motivasi buat sahabat-sahabat saya untuk terus menulis dan mengirimkan tulisan di Cipoers. Kali ini saya akan mengulas Tutorial Menjadi Cipoers, antara lain :

1.  Pilih kegiatan atau tema tulisan yang sesuai dengan passion
-       Lingkup kerja saya sebagai Librarian membuat saya sangat menyukai dunia literasi, pendidikan, parenting dan buku. Selain itu melakukan travelpacker ke perpustakaan di beberapa Negara juga tak luput menjadi tulisan yang saya kirimkan.
-       Jika sedang menghadiri acara jadilah peserta yang multitasking. Tidak hanya mengikuti tapi posisikan diri kamu sebagai reporter karena hal itu bisa dibuat bahan untuk menulis 
contoh tulisan

2.  Patuhi persyaratan Cipoers
-       Tulisan maksimal 350 kata. Jika ingin memastikan block tulisan kamu lalu klik review selanjutnya klik word count.
-       Tulisan harus memenuhi kaidah berita antara lain What, Where, When, Who, Why+ How (5W+1H)
-       Tambahkan identitas diri meliputi foto diri dan pekerjaan
-       Kirimkan ke harian.surya@gmail.com dengan subjek CITIZEN REPORTER: judul tulisan beserta lampiran yang terdiri dari foto kegiatan atau pendukung tulisan
contoh mengirim email

3.  Like facebook Surya Online dan Grup Facebook Cipoers
Untuk memudahkan informasi mengenai tulisan yang akan dimuat. Jika sudah dimuat di Surya Online otomatis akan dicetak satu hari setelahnya dan akan ditayangkan juga melalui e-paper.


Surya Online


 
Surya Cetak
 Cipoers merupakan media gratis untuk kamu yang ingin menjadi penulis, karena editor Cipoers sangat membantu kita untuk belajar menulis secara otodidak. Selanjutnya lakukan secara konsisten. Selamat Mencoba. 
Surya e-paper





0 komentar:



Posting Komentar